IIMS

10 Pemain Rans Cilegon FC yang Layak Dipertahankan untuk Liga 1

1 Januari 2022, 17:00 WIB
Editor: Taufan Bara Mukti
Para anggota tim Rans Cilegon FC berpose di lapangan merayakan keberhasilan promosi ke Liga 1 2022 setelah berhasil mengalahkan PSIM Yogyakarta pada semifinal Liga 2 2021 di Stadion Pakansari, Bogor, 27 Desember 2021.
Para anggota tim Rans Cilegon FC berpose di lapangan merayakan keberhasilan promosi ke Liga 1 2022 setelah berhasil mengalahkan PSIM Yogyakarta pada semifinal Liga 2 2021 di Stadion Pakansari, Bogor, 27 Desember 2021. /Mario Sonatha/Skor.id

SKOR.id - Sebagai salah satu tim baru di belantika sepak bola Indonesia, Rans Cilegon FC sukses menggebrak dengan merebut tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Sejak diakuisisi oleh selebritas Tanah Air, Raffi Ahmad, Cilegon United berubah nama menjadi Rans Cilegon FC pada April 2021.

Rans Cilegon FC yang berkompetisi di kasta kedua alias Liga 2 2021 merekrut beberapa pemain jebolan timnas Indonesia seperti Hamka Hamzah dan Cristian Gonzales.

Dua pemain senior tersebut menjadi sosok penting dalam target Rans Cilegon FC untuk promosi ke Liga 1.

Rans Cilegon FC juga merekrut pemain-pemain muda seperti Anan Lestaluhu, Tegar Infantrie, dan Rendy Juliansyah. Nama terakhir lantas dipinjamkan ke Sulut United.

Kiprah Rans Cilegon FC juga terbilang mulus di Liga 2 2021, meski diwarnai naik-turun performa sejak fase grup.

Tergabung di Grup B bersama Dewa United, Persekat Tegal, Perserang Serang, Badak Lampung FC, dan PSKC Cimahi, Rans Cilegon FC nyaris gagal lolos ke delapan besar.

 

Dari 10 laga yang dilalui, Rans Cilegon mencatatkan 20 poin berkat enam kemenangan, dua kali imbang, dan dua kali kalah.

Poin Rans Cilegon FC sama dengan Persekat Tegal, namun tim beralias Prestige Phoenix itu unggul head to head.

Walhasil, berkat keunggulan itu, Rans Cilegon FC berhak mendampingi Dewa United yang menjadi juara Grup B ke babak delapan besar.

Rans Cilegon FC berbenah memasuki babak delapan besar dengan menunjuk pelatih kawakan, Rahmad Darmawan, menggantikan Bambang Nurdiansyah yang menjadi Direktur Teknik.

Hasilnya pun mumpuni. Rans Cilegon FC menjadi juara Grup X berkat dua kemenangan dan satu kali imbang.

Para pemain Rans Cilegon FC merayakan gol ketiga ke gawang PSIM Yogyakarta yang diciptakan Cristian Gonzales (10) pada semifinal Liga 2 2021 di Stadion Pakansari, Bogor, 27 Desember 2021.
Para pemain Rans Cilegon FC merayakan gol ketiga ke gawang PSIM Yogyakarta yang diciptakan Cristian Gonzales (10) pada semifinal Liga 2 2021 di Stadion Pakansari, Bogor, 27 Desember 2021. Mario Sonatha/Skor.id

Kiprah Rans Cilegon FC berlanjut di babak semifinal. Hamka Hamzah dan kolega resmi merebut tiket promosi ke Liga 1 musim depan setelah menumbangkan PSIM Yogyakarta dengan skor 3-1.

Rans Cilegon FC lolos ke final sekaligus dipastikan naik kasta. Di partai puncak Rans Cilegon FC berhadapan dengan tim bertabur bintang, Persis Solo.

Pada laga yang digelar Kamis (30/12/2021), Rans Cilegon FC tumbang dengan skor tipis 1-2 dari Persis.

Meski kalah, hal itu tak mengubah status Rans Cilegon FC sebagai tim promosi yang bakal meramaikan Liga 1 musim depan.

Jika melihat dari skuad Rans Cilegon FC, tim ini memiliki beberapa pemain yang layak dipertahankan untuk Liga 1 2022.

Berikut Skor.id memilih 10 pemain Rans Cilegon FC yang layak dipertahankan:

1. Kurniawan Kartika Ajie

Kiper Rans Cilegon FC, Kurniawan Kartika Aji (kanan), bersuka cita usai timnya menumbangkan Persis Solo dalam lanjutan 8 besar Liga 2 2021, Rabu (15/12/2021).
Kiper Rans Cilegon FC, Kurniawan Kartika Aji (kanan), bersuka cita usai timnya menumbangkan Persis Solo dalam lanjutan 8 besar Liga 2 2021, Rabu (15/12/2021). Mario Sonatha untuk Skor.id

Penjaga gawang 25 tahun ini memang hanya berstatus pinjaman dari Arema FC. Namun begitu, status Kartika Ajie bisa saja dipermanenkan oleh Rans Cilegon FC.

Mengingat Arema FC mengontrak kiper asing, Adilson Maringa, yang tampil apik di Liga 1 2021-2022, Ajie mungkin akan kekurangan menit bermain jika bertahan di tim Singo Edan.

Alternatifnya, eks kiper Persiba Balikpapan itu bisa bertahan di Rans Cilegon FC yang sama-sama berkompetisi di kasta tertinggi musim depan.

2. Hamka Hamzah

Usia Hamka memang tak lagi muda. Tahun depan eks pemain Arema FC ini sudah memasuki usia 38 tahun. Hanya saja, sosok kepemimpinan Hamka masih dibutuhkan oleh Rans Cilegon FC.

Hamka main 15 kali untuk The Prestige Phoenix di Liga 2 2021. Ia juga mencetak dua gol serta dua assist dan menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak di tim Rans Cilegon FC.

Mantan pemain timnas Indonesia ini sudah mengisyaratkan untuk gantung sepatu. Namun, pada dua musim lalu Hamka juga menyatakan hal serupa meski akhirnya urung pensiun.

3. Kurniawan Karman

Didatangkan dari Barito Putera, bek kanan berusia 29 tahun ini punya peran penting di Rans Cilegon FC.

Kurniawan turun dalam 12 pertandingan dan mencatatkan 1.077 menit bermain di atas lapangan.

Meski Rans Cilegon FC punya beberapa pemain di sektor bek kanan, Kurniawan menjadi pilihan utama. Punya bekal pengalaman bermain di tim Liga 1, Kurniawan layak dipertahankan oleh Rans Cilegon FC.

4. Saddam Hi Tenang

Nama Saddam Hi Tenang melejit bersama Rans Cilegon FC musim ini. Ia tampil dalam 12 pertandingan dan membukukan 968 menit bermain.

Eks pemain Muba Babel United itu tampil apik mengawal pos bek kiri Rans Cilegon FC. Pemain 26 tahun ini juga menjadi pilihan utama untuk dua pelatih Rans Cilegon FC, Bambang Nurdiansyah dan Rahmad Darmawan.

5. Fadilla Akbar

Baru berusia 18 tahun, Fadilla Akbar sudah mencatat 13 pertandingan dan menit bermain 947 bersama Rans Cilegon FC.

Pemain berposisi gelandang bertahan ini bisa menjadi aset masa depan bagi Rans Cilegon FC mengingat usianya yang masih sangat muda.

6. Bima Ragil

Trio pemain Rans Cilegon FC yaitu Bima Ragil, Cristian Gonzales, dan Rizky Hidayat (dari kiri ke kanan) dalam laga Liga 2 2021.
Trio pemain Rans Cilegon FC yaitu Bima Ragil, Cristian Gonzales, dan Rizky Hidayat (dari kiri ke kanan) dalam laga Liga 2 2021. Dok. PT LIB

Bima Ragil Satria merupakan top skor kedua di tim Rans Cilegon FC musim ini dengan koleksi empat gol. Ia hanya kalah dari Cristian Gonzales yang membukukan tujuh gol.

Bima Ragil yang berposisi gelandang serang juga mampu menjadi motor serangan dan mengalirkan bola ke penyerang.

7. Alfin Tuasalamony

Alfin Tuasalamony datang bersamaan dengan Rahmad Darmawan ke Rans Cilegon FC.

Meski baru main dalam lima pertandingan, Alfin yang bisa menempati posisi bek kanan dan winger kanan ini telah mengukir tiga gol.

Pengalaman jebolan timnas U-23 Indonesia ini juga tak perlu diragukan lagi, tim-tim besar seperti Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United pernah dibela oleh Alfin.

8. Ikhsan Nul Zikrak

Salah satu pemain muda lain yang ada di skuad Rans Cilegon FC saat ini adalah Ikhsan Nul Zikrak.

Bisa bermain di sektor gelandang serang dan winger, pemain 17 tahun ini memainkan 9 laga bersama Rans Cilegon FC.

9. Asri Akbar

Punya segudang pengalaman di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Asri Akbar menjadi pemain yang layak dipertahankan Rans Cilegon FC.

Musim lalu Asri bermain 389 menit dalam delapan pertandingan secara keseluruhan. Gelandang bertahan berusia 36 tahun ini juga bisa menjadi mentor untuk para pemain muda.

10. Hendra Wijaya

Tandem Hamka Hamzah di lini belakang ini memainkan 10 pertandingan musim lalu dengan capaian menit bermain 802.

Hendra juga kenyang pengalaman karena lama membela PSM Makassar, sejak junior. Usia yang baru 32 tahun juga tak terlalu tua untuk berkompetisi di kasta tertinggi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Rans Cilegon FC Lainnya:

Rahmad Darmawan Resmi Latih Barito Putera, Pascabawa Rans Cilegon FC Promosi ke Liga 1

Rahmad Darmawan Minta Pemain Rans Cilegon FC Bersiap Hadapi Liga 1

Parade Foto Final Liga 2 2021: Pesta Juara Persis Solo Setelah Atasi Rans Cilegon FC

Tag

Video

Berita Terkait

Liga 1

Sabtu, 1 Januari 2022

Jafri Sastra Geber Latihan Persela untuk Putaran Kedua Liga 1 2021-2022

Jafri sastra mencoba untuk memperbaiki permainan dengan memberikan materi latihan kombinasi

Liga 1

Sabtu, 1 Januari 2022

Persib Menuju Putaran Kedua Liga 1 2021-2022: Bongkar Pasang Lini Depan

Persib memiliki dua kekuatan pemain asing di lini depan untuk putaran kedua nanti.

Liga 1

Sabtu, 1 Januari 2022

Bek Asli Jakarta Rekrutan Kelima Persija Menuju Putaran Kedua Liga 1

Ikhwan Ciptady Muhammad yang asli Jakarta, tepat pada hari perdana 2022, Sabtu (1/1/2022), diperkenalkan sebagai rekrutan teranyar Persija.

Terbaru

Liga 2

Rabu, 19 Januari 2022

Sriwijaya FC Masih Evaluasi, Dikabarkan Bakal Dikelola Taipan Asli Palembang

Manajemen Sriwijaya FC belum memberikan update apapun dari tim asal Palembang pascagagal ke semifinal Liga 2 2021.

Liga 2

Selasa, 18 Januari 2022

11 Pemain Raih Penghargaan Best XI Liga 2 2021 Versi APPI, Persis Solo Mendominasi

Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) telah merilis 11 nama pemain yang mendapat penghargaan Best XI Liga 2 2021.

Liga 2

Sabtu, 15 Januari 2022

Rapor Gol PSIM Yogyakarta di Liga 2 2021 saat Gagal Promosi ke Liga 1

PSIM Yogyakarta membuat satu gol satu laga jika dipukul rata saat mereka berjuang di Liga 2 2021 dan nyaris promosi ke Liga 1 musim depan.

Liga 2

Senin, 10 Januari 2022

Tatap Liga 1, Persis Solo Sudah Punya Daftar Pemain Asing Incaran

Persis Solo mulai bekerja menyusun tim yang akan mengarungi Liga 1 musim depan, temasuk melengkapi kuota pemain asing.

Liga 2

Senin, 10 Januari 2022

Persis Bentuk Tim untuk Liga 1 Musim Depan, Kaesang Pangarep Incar Bek Madura United

Meski tim sedang libur, pelatih dan manajemen Persis Solo mulai bekerja menyusun tim yang akan dipakai di Liga 1 musim depan.

Liga 2

Senin, 10 Januari 2022

Kaesang Pangarep Ingin Persis Juara Liga 1 Musim Depan, Ini Respons Aga Thohir

Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep memperbarui target tim kebanggaan warga Surakarta setelah berhasil promosi ke Liga 1.

Liga 2

Minggu, 9 Januari 2022

Persis Solo Lolos Liga 1, Kaesang Pangarep Kepincut Bek Timnas Indonesia Asal Klaten

Kaesang Pangarep kepincut untuk mendatangkan Fachrudin Aryanto ke Persis Solo yang akan tampil di Liga 1 musim depan.

Liga 2

Minggu, 9 Januari 2022

Persis Solo Rayakan Juara Liga 2 2021 di Stadion Sriwedari

Persis Solo bersama para suporter merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 2 2021 di Stadion Sriwedari, Minggu (9/1/2022).

Liga 2

Jumat, 7 Januari 2022

Persis Solo Lepas 15 Pemain ke 9 Tim Liga 1 2021-2022

Persis Solo telah melepas 15 pemainnya untuk bergabung dengan 9 tim kontestan Liga 1 2021-2022.

Liga 2

Selasa, 4 Januari 2022

4 Pemain Persis Solo yang Langsung Mentas ke Liga 1 Bersama Klub Baru

Terdapat tiga pemain Persis yang telah resmi dipinang oleh klub Liga 1 2021-2022.
X